Recents in Beach

6 Dalang Wayang Bali Pelestari Seni Budaya Bali

Aneka Seni Budaya Bali dalam bentuk mp3 yang dapat didengarkan tanpa streaming, ada wayang cenk blonk, drama gong, lawak bahasa Bali, Wayang Buleleng, Wayang Sukawati, Drama Gong Banyuning, Wayang Joblar Bali, drama tari bali, wyang kulit inovatif, ada lawak dolar-petruk, dadap kiul, komang apel, cendil dan kawan-kawan, silakan klik disini.

Wayang Bali dengan dalang-dalang yang sangat produktif dalam berkarya seperti :

1. Dalang I Wayan Wija

Dalang senior yang merupakan idola masyarakat Bali pada zamannya dengan Wayang Tantrinya, penampilannya yang sangat menawan dalam memainkan wayang terutama saat mesiat (pertempuran) antara Pandawa dan Korawa. Banyak pergelaran wayang dari dalang I Wayan Wija ini, namun teknologi pada saat itu belum ada VCD/DVD.

Karyanya berjudul :
Sang Aji Dharma Kepastu, silakan klik disini


2. Jero Dalang Wayan Sudarma

Dalang dengan kreasi Genjek Buleleng, lucu, menghibur dengan nyanyian genjekannya, dokumentasi memang belum banyak yang disimpan baik dalam bentuk VCD maupun DVD.

Karyanya berjudul :
Parikesit ke Suargan, silakan klik disini


3. Dalang I Wayan Nardayana S.Sn.,M.Fil.H

Dalang I Wayan Nardayana S.Sn.,M.Fil.H lebih dikenal dengan dalang Nardayana cenk blonk Belayu karena karyanya dalam pewayangan menampilkan cenk dan blonk yang sangat lucu dari Br. Batan Nyuh Belayu, Marga - Tabanan. dan sangat ditunggu-tunggu kehadirannya.

Karyanya berjudul :
Katundung Ngada, Ludra Murti, Suryawati Ilang, Tebu Sala, Gatutkaca Anggugah, Sutha Amerih Bapa, Lata Mahosadhi, Bimaniyu Makrangkeng, Situbanda Punggal, Gatutkaca Duta 2012 klik disini

4. Dalang I Ketut Nuada

Dalang I Ketut Nuada lebih dikenal dengan dalang Joblar ABG berasal dari Br. Jeroan, Desa Tumbak Bayuh-Badung, sangat lucu dan penuh inovatif dalam setiap penampilan-penampilannya, lagu-lagu yang lucu dan menghibur.

Karyanya berjudul :
Anggada Kunjara Wesi 2011, Tualen Dadi Caru,
klik disini
 
5. Dalang I Dewa Gede Agung Sutresna Mesi S.Sn

Dalang I Dewa Gede Agung Sutresna Mesi S.Sn merupakan penerus wayang  Bangli yang sangat terkenal dengan penampilan wayang kulit inovatifnya.

Karyanya berjudul :
Kang Ching Wie ( Kawit Barong Landung ) 2011, klik disini.

6. Dalang I Made Nuarsa S.Sp

Dalang I Made Nuarsa S.Sp lebih dikenal dengan D.Karbit merupakan dalang wayang kulit inovatif dari Br. Semana, Mambal Abiansemal Badung.

Karyanya berjudul: Sangut Dadi Raja 2011, Asti Suwetha, klik disini

Seni Budaya Bali lainnya :

Drama Gong Kena Kecangkik - Pongah Juari, Drama Tari Kolosal Sangut Ngeruwat Jagat Bali 2008, Drama Gong Sampek Ing Tay Banyuning-Buleleng, klik disini

Inilah seni Wayang Bali dan seni budaya Bali yang VCD/DVD nya tiang miliki dan telah diaplod untuk dapat dinikmati semeton pada link yourlisten klik disi    ni.
Tentunya masih sangat jauh dari apa yang ada di masyarakat saat ini, semoga dapat menghibur semeton dimanapun berada, suksma.

Posting Komentar

0 Komentar